Monday, 9 February 2009

MENYIKAPI ASAL USUL VALENTINE DAY BAGI SEORANG MUSLIM

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menjadikan polemic, tapi hanya sebagai bahan kajian bagi muslim agar mengerti tentang Valentine day.
Dari beberapa sumber yang pernah saya baca, asal usul Valentine day kira kira seperti ini, tentang kebenarannya masih dipertanyakan karena tidak adanya bukti yang menguatkan.
Nama Valentine, diduga berasal salah satu dari 3 nama Santo (dalam islam penghulu) yang menjadi martir di zaman Romawi. Dari 3 santo itu, “Valentine” berasal dari nama seorang santo yg hidup di masa pemerintahan kaisar Claudius II (meninggal tahun 270). Perayaan ini utk pertama kalinya diakui secara sah pada tahun 496 oleh Pope Gelassius I. Menurut kisahnya, Santo ini menjadi salah seorang yang menentang kebijakan kaisar Caludius yang melarang pernikahan di usia muda (karena saat itu Roma sedang perang, sehingga prajurit yang memiliki keluarga akan menghambat perekrutan prajurit baru). Peraturan ini tak lain diciptakan utk merekrut prajurit muda yang lebih baik (otomatis, jika seorang prajurit telah memiliki keluarga, maka ia akan mengalami degresi kualitas). Santo Val’s, yang menyadari adanya ketidakadilan dalam peraturan ini, segera menolak. Ia tetap melakukan pemberkatan nikah pada orang orang muda secara diam diam. Ketika akhirnya perbuatan ini diketahui oleh Sang Kaisar, Santo Val’s pun dipenjara. Ia dijatuhi vonis hukuman mati (cerita lain menyebutkan jika ia dibunuh utk mencegah orang orang Kristen dimasukkan penjara di mana mereka akan mengalami penyiksaan berat).
Ketika masa penantian hukuman mati itulah, ia mengenal seorang gadis cantik; yang ternyata adalah putri dari sipir penjara. akhirnya ia pun jatuh cinta dengan sang gadis. Gadis itu - yang diyakini sampai selama ini- terus menerus mengunjungi Santo Val’s secara rutin. Sebelum kematian menjemputnya (karena ia akhirnya dieksekusi), Santo Val’s mengirimi sang gadis sebuah surat. Di dalam suratnya itu ia menulis “From Your Valentine”. Beberapa waktu kemudian, orang orang yang telah berhutang budi padanya sepakat utk memperingati rasa simpatik, heroic, dan sisi romantisme Santo Val’s. Perayaan itu yg sampai sekarang dikenal hari Valentine.
Menurut penulis, ada beberapa yang perlu menjadi catatan bagi seorang muslim dalam menyikapi asal usul valentine day diatas, pertama seharusnya bagi seorang muslim menempatkan kepentingan Negara diatas kepentingan pribadi. Bagaimanapun juga santo val melakukan tindakan pelanggaran hukum atas negaranya
Kedua, Bagaimanapun juga, meskipun sikap Santo Val dianggap heroic oleh sedikit kalangan, tapi tetap bahwa orang orang yang yang memperingati kisah heroic santo val adalah orang orang non muslim, jadi sebagai muslim tidak boleh mengikuti cara cara tersebut.
Ketiga, Bagi seorang muslim, paradigma pacaran yang ada sekarang ini adalah haram, jadi kalo kita mengatas namakan cinta dalam arti sempit, yaitu hubungan dengan lawan jenis, hal ini sangat memprihatinkan



11 komentar:

sarahtidaksendiri said...

klo aQ sich.. setiap hr penuh cinta.. hehehe
dan hari special yg Qkenal di bulan februari hanyalah ulang tahun PapaQ dan aQ... hehe

www.katobengke.com said...

oo..gitu yah sejarahnya......................
wah kasian juga yah mereka.............

Narmadi said...

Wah..jebule njenengan paham sejarah valentin yah...mantep lah

sunarno said...

di eramuslim menjabarkan lebih jauh dari itu bahkan kisah valentino diduga sengaja dimitoskan.
Upacara yang aslinya adalah pesta pora bangsa Romawi yang diadopsi oleh pembuat mitos Valentino

omiyan said...

saya ga tahu malah apamitu hari kasih sayang toh di agama kita sendiri bahwa semua hari itu adalah kasih sayang lha wong kita diberi kesempatan buat beramal kok semacam infak, shodaqoh dll....

Lala said...

ga pernah rayain kaya gituan :D

drizzletrouble said...

Siiiiippppp..... ^^

nice mas,,,

Yani Maniez said...

lam....kenal... aku baru belajar bikin blog... wah bagus tulisannya. Happy Valentine Day

www.katobengke.com said...

iyah sih kalau kagak salah begitu memang kisahnya........
so memang juga dilarang usia muda namun usia berapa kira2 waktu itu yang melarang kaum muda menikah.....

makasih atas comennya....

Danta said...

wah.. thx tulisannya.. sebelum saya tau asal usul, saya masih merayakan hari valentine, tapi sejak tau (sekitar 4 tahun lalu) dah ga lagi deh..

Anonymous said...

It is also possible Abercrombie and Fitch today to create your Abercrombie own custom polo shirts Abercrombie Sale wherein you can have your Cheap Abercrombie own logo embroidered Abercrombie outlet on the front of the shirt. abercrombie Jeans These custom polos are ideal for companies that are hosting an event of some kind. Abercrombie Pants They are also great to give away as promotional Abercrombie Tees items to company personnel for work well done. Clubs of all types take advantage of
Abercrombie Shorts custom polo shirts as do sports teams who wish to have all members Abercrombie Sweaters dressed the same when traveling together. Customized shirts are also great to use as staff clothing or uniforms for pubs, restaurants, hotels and a wide variety of other types of businesses.One of the most popular companies in business today that offers the custom polo shirts is LEADapparel. This online retailer offers custom embroidery services on orders of twelve or more shirts. The embroidery done is perfect and of the highest quality. Orders are processed quickly and shipped out within just a few days.