Monday, 16 February 2009

DAGING KAMBING TERNYATA TIDAK MENGAKIBATKAN DARAH TINGGI


Dasar si ucup, mentang mentang jadi orang kaya baru ada ada saja kejadiannya. Baru beberapa hari saja, Si ucup sudah punya penyakit darah tinggi,tetapi dasar bandel, dia masih saja suka makan daging kambing. Padahal dia tahu Dokter melarang dia makan daging kambing karena dapat mengakibatkan tensi darahnya naik. Sebagai gantinya,Dokter menyarankan Si Ucup untuk makan jenis hewan yang bisa berenang. karena hewan yang hidup di air tidak mengakibatkan darah tinggi.

Pada hari berikutnya, Dokter ke rumahnya untuk kontrol kesehatan Ucup, Dokter ketemu pembantu si ucup. Pembantunya bilang dia ada di kolam renang saat ini. Kemudian dokter langsung saja masuk ke belakang rumah. Sampai di kolam renang dokter malahan pingsan karena dia melihat si Ucup sedang mengajari kambing berenang. Kata si ucup…”he..he..he… lumayan nih buat makan ntar malem, kan dah pinter renang….."


Monday, 9 February 2009

MENYIKAPI ASAL USUL VALENTINE DAY BAGI SEORANG MUSLIM

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menjadikan polemic, tapi hanya sebagai bahan kajian bagi muslim agar mengerti tentang Valentine day.
Dari beberapa sumber yang pernah saya baca, asal usul Valentine day kira kira seperti ini, tentang kebenarannya masih dipertanyakan karena tidak adanya bukti yang menguatkan.
Nama Valentine, diduga berasal salah satu dari 3 nama Santo (dalam islam penghulu) yang menjadi martir di zaman Romawi. Dari 3 santo itu, “Valentine” berasal dari nama seorang santo yg hidup di masa pemerintahan kaisar Claudius II (meninggal tahun 270). Perayaan ini utk pertama kalinya diakui secara sah pada tahun 496 oleh Pope Gelassius I. Menurut kisahnya, Santo ini menjadi salah seorang yang menentang kebijakan kaisar Caludius yang melarang pernikahan di usia muda (karena saat itu Roma sedang perang, sehingga prajurit yang memiliki keluarga akan menghambat perekrutan prajurit baru). Peraturan ini tak lain diciptakan utk merekrut prajurit muda yang lebih baik (otomatis, jika seorang prajurit telah memiliki keluarga, maka ia akan mengalami degresi kualitas). Santo Val’s, yang menyadari adanya ketidakadilan dalam peraturan ini, segera menolak. Ia tetap melakukan pemberkatan nikah pada orang orang muda secara diam diam. Ketika akhirnya perbuatan ini diketahui oleh Sang Kaisar, Santo Val’s pun dipenjara. Ia dijatuhi vonis hukuman mati (cerita lain menyebutkan jika ia dibunuh utk mencegah orang orang Kristen dimasukkan penjara di mana mereka akan mengalami penyiksaan berat).
Ketika masa penantian hukuman mati itulah, ia mengenal seorang gadis cantik; yang ternyata adalah putri dari sipir penjara. akhirnya ia pun jatuh cinta dengan sang gadis. Gadis itu - yang diyakini sampai selama ini- terus menerus mengunjungi Santo Val’s secara rutin. Sebelum kematian menjemputnya (karena ia akhirnya dieksekusi), Santo Val’s mengirimi sang gadis sebuah surat. Di dalam suratnya itu ia menulis “From Your Valentine”. Beberapa waktu kemudian, orang orang yang telah berhutang budi padanya sepakat utk memperingati rasa simpatik, heroic, dan sisi romantisme Santo Val’s. Perayaan itu yg sampai sekarang dikenal hari Valentine.
Menurut penulis, ada beberapa yang perlu menjadi catatan bagi seorang muslim dalam menyikapi asal usul valentine day diatas, pertama seharusnya bagi seorang muslim menempatkan kepentingan Negara diatas kepentingan pribadi. Bagaimanapun juga santo val melakukan tindakan pelanggaran hukum atas negaranya
Kedua, Bagaimanapun juga, meskipun sikap Santo Val dianggap heroic oleh sedikit kalangan, tapi tetap bahwa orang orang yang yang memperingati kisah heroic santo val adalah orang orang non muslim, jadi sebagai muslim tidak boleh mengikuti cara cara tersebut.
Ketiga, Bagi seorang muslim, paradigma pacaran yang ada sekarang ini adalah haram, jadi kalo kita mengatas namakan cinta dalam arti sempit, yaitu hubungan dengan lawan jenis, hal ini sangat memprihatinkan



Saturday, 7 February 2009

JANGAN DIKIRA NAPI YG TINGGAL DI LP TIDAK BAYAR...

Nggak sengaja tadi sore aq lihat tv di trans 7. nama acaranya aq ga tahu..tapi acara tersebut mengupas tentang pungutan liar yang dilakukan oleh petugas LP terhadap keluarga yang berkunjung, tapi yg aq heran, napi yg di dalam penjara juga kena pungli...kok bisa??????? terus terang aq baru tau. Dasar sarang penyamun..yg jaga dan yg dijaga sama sama penjahat...

Memang sih...saat ini Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) masih tidak bisa terlepas dari masalah pungutan liar alias pungli. Gejala klasik ini sering dijumpai ketika kunjungan keluarga terhadap penghuni Lapas. Meski banyak semangat untuk memperbaiki, belum ada metode yang bisa menghentikan masalah ini. Apa ada masalah mendasar dibaliknya?

Ada baiknya jika terlebih dulu kita ketahui beberapa pungli yang terjadi di Lapas:

  1. Pada saat penjenguk mau masuk di gerbang Lapas, disinilah pungli tahap 1 di mulai, biasanya karena pengunjung tidak membawa surat surat. katanya sih nyampe 20.000.ribu per orang
  2. Setelah lolos gerbang pertama, masuk lagi kedalam lalu akan melewati pos penggeledahan, disinilah pungli tahap 2, biasanya dipungut biaya 10.000 ribu
  3. Pada saat penjenguk ketemu dengan napi, ternyata...ada pilihan tempat untuk berbincang2 dengan napi, kalo yang VIP itu 50.000. ribu. kalo yang ekonomi gratis , tapi cuma diberi waktu 10 menit, jika ingin lebih lama berarti harus bayar 15.000, setiap 10 menit. he..he... kaya tarif parkir aja...
  4. Selain itu bang napi juga kena biaya juga jika dikunjungi, paling nggak harus bayar 10.000 ke petugas lapas

Biaya biaya yang harus dikeluarkan Napi selama dipenjara (kaya orang sekolah aja ada biaya...)

  1. Ternyata, dipenjara bang napi juga bisa memilih kamar, kalo yang bagus tuh , yg biasanya dipakai oleh napi narkoba dan koruptor, itu biaya sewanya bisa nyampe 500.000 s.d 2000.000, (benar kan kaya mahasiswa aja)
  2. Kalo napi mau bawa handphone, harus bayar 300.000 ribu, belum lagi iuran bulanan sekitar 30.000.
  3. Ada lagi kalo pengen nyewa TV juga ada biaya tambahan 100.000 ribu ditambah iuran listrik per bulannya. kalo mau bawa tv sendiri juga boleh, tapi tv nya kalo napinya nanti keluar menjadi milik lapas...enak dong..kepala lapasnya bisa buka toko elektronik kalo begitu... lucunya lagi nih..kalo ada razia dari depkumham..pihak petugas lapas tidak mau tau..barang barang napi ya dirampas juga….

Ada yang berpendapat bahwa pungli merupakan masalah sistemik. Penyelesaiannya tidak bisa dilakukan hanya dengan mencopot petugas LP yang menarik pungli. Pemecatan Kepala Pengamanan, Kepala Pembinaan serta Kepala Keamanan dan Ketertiban Lapas Cipinang oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Marjaman dinilainya sebagai langkah tepat untuk menimbulkan efek jera. Karena jika sistemnya tidak dirubah siapapun yang ada dalam sistem itu, pungli tetap berjalan. Harus ada mata rantai yang diputus,” terangnya. Ia menambahkan pemberian sanksi administratif terkadang hanya melenakan pelaku. “Tidak menjadi hukuman tapi penutupan fakta,”

Permasalahan pungli terkait pula dengan pengawasan bertingkat di Lapas. “Jika pengawasan berjalan dengan baik, seharusnya permasalahan yang terjadi dilevel bawah bisa terdeteksi lebih cepat,”. Jangan-jangan pungli menjadi ‘setoran’, layaknya pengumpulan dana non budgeter yang marak terjadi. “Intinya harus jelas aliran dananya, dan untuk apa dana itu digunakan. Kalau dana itu ternyata digunakan untuk biaya operasional, timbul pertanyaan, kenapa dana operasional kurang,” .

Masalah kesejahteraan pegawai lapas lagi lagi menjadi alasan pungli.“Selama ini meskipun ada peningkatan kesejahteraan, namun jumlahnya tidak sebanding dengan peningkatan kebutuhan,” paparnya. Ia menambahkan pemerintah harus punya political will kuat untuk menaikkan kesejahteraan pegawai sehingga godaan untuk menarik pungli bisa terhindarkan.

Masalah lain yang juga memicu terjadinya pungli adalah waktu kunjungan yang terbatas. “Aturan masalah kunjungan harus dibuat secara transparan, Jangka waktu kunjungan juga harus diperpanjang. Kalau kunjungan waktu terbatas, semua orang akan terburu-buru, sehingga minta diprioritaskan, hal inilah yang memprovokasi terjadinya pungli,”

pungli seharusnya bisa diminimalisir dengan upaya membatasi kontak fisik antara petugas LP dan pengunjung dinilai cukup bagus, oleh banyak kalangan “Penimimalisiran itu dapat dilakukan dengan menggunakan sistem loket. Dari situ pengunjung mendapat free pass (kartu tanda bebas masuk,red),”

Ubah sistem penghukuman

Masalah klasik lain yang juga dialami oleh Lapas adalah jumlah penghuni yang tidak sebanding dengan kapasitas Lapas itu sendiri. “Harus ada perbaikan sistem penghukuman untuk mengatasi over crowded. Kalau sekarang peraturan perundang-undangan sedikit-sedikit memenjarakan, maka ke depan harus dibuat alternatif hukuman agar Lapas tidak penuh,”. “Alternatif hukuman bisa berupa kerja sosial,”.Contohnya, pidana penjara tidak terlalu bermanfaat untuk orang yang dihukum hanya satu bulan atau tiga bulan penjara.

Selain itu, kelebihan kapasitas penjara juga disebabkan karena banyaknya pengguna narkoba yang dipenjarakan. “Seharusnya pengguna narkoba tidak perlu dihukum, tapi diperintahkan untuk direhabilitasi,”. Pemenjaraan pengguna narkoba adalah salah penerapan dan konsep “Pengguna itu dianggap korban atau pelaku? Kalau kejahatan dianggap sebagai gejala sosial yang tidak benar di masyarakat, maka pengguna narkoba sebenarnya adalah korban,”

Perubahan sistem penghukuman ini dapat dirumuskan dalam Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu). “Bentuk hukumannya bisa diganti dengan dengan hukuman denda, membayar kerugian yang diderita korban, kerja sosial,” alternatif penghukuman seharusnya dimasukan dalam Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana yang saat ini sedang disusun.

Nah...Jadi Napi tu ga enak kan ,Makanya jangan jadi napi... dah susah... pake mbayar lagi... Kira kira ada nggak ya ,Pungutan uang gedung sama uang seragamnya??????

Monday, 2 February 2009

SCREEN SAVER BISA MENGAKIBATKAN LINGLUNG

Ucup baru saja belajar mengenal dunia perkomputeran. Ada-ada aja kejadian yang dia alami.

Suatu siang Ucup menelepon toko tempat dia baru saja membeli printer barunya, "Halo, selamat siang, ini Ucup. Saya tidak bisa ngeprint nih Pak. Setiap saat saya coba klik 'print' di monitor saya malah keluar tulisan 'Can't Find Printer' (printer tidak ditemukan). Padahal printernya udah saya taruh persis di depan monitor lho, Pak!"

Pada hari yang lain Ucup ketakutan sebab dia menghilangkan sesuatu dari monitornya, dan menelepon sebuah toko komputer, "Wah ada masalah gawat nih, Pak. Temanku baru saja memasang 'Screen Saver' di monitorku. Tapi setiap saya menggerakkan mouse, 'screen savernya' hilang!"