Wednesday, 23 April 2014

FOTOGRAFI LANDSCAPE



Fotografi Landscape (LS) merupakan cabang fotografi yang mengeksplore keindahan alam. Fotografi ini sangat digemari oleh mereka yang suka traveling. Fotografi ini juga banyak digunakan untuk keperluan Pariwisata, Perumahan dan Percetakan. Komposisi sangat diperlukan dalam fotografi ini diantaranya yang sering dipergunakan adalah Rule of third dan komposisi kurva. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Fotografi Landscape antara lain:
Maksimalkan Depth of Field (DoF)
Memaksimalkan Dof merupakan esensi landscape fotografi. Hal ini kebalikan dari fotografi Makro yang menggunakan dof sesempit mungkin.   Landscape berusaha untuk memsukan semua unsur atau semua elemen dalam keadaan fokus. Walaupun tidak mutlak, inilah konsep dasar dari fotografi landscape. Untuk itu gunakan aperture sekecil mungkin.  Dan jika perlu, terapkan konsep hyporfocal distance. jika kita mengecilkan aperture, otomatis shutter speed akan berkurang sehingga tripod dibutuhkan untuk mengurangi shake karena slow speed.
Perhatikan Horizon
Jika kita berhadapan dengan suatu pemandangan, hampir dapat dipastikan kita akan melihat garis horizontal yang membentang dan membelah gambar menjadi dua bagian. Ini disebut garis horizon.
alam Fotografi Landscape, jika salah satu bagian lebih menarik. Berilah porsi 2/3 dari frame. Dan yang kurang menarik beri sisanya yaitu 1/3. Memang tidak mutlak, tetapi bila POI berada pada bagian yang 2/3 maka kesannya akan lebih kuat.

0 komentar: