Monday, 6 September 2010

BERANGKAT KEPAGIAN

Peraturan baru sekolah itu menggelisahkan kami: bahwa mulai tahun ajaran baru ini, anak kami harus berangkat lebih pagi. Dengan segera, kami membayangkan sederet panjang daftar kerepotan sebagai konsekuensi.

Pertama adalah keharusan bangun jauh lebih pagi. Ini pasti tidak mudah. Cukup waktu tidur saja, anak-anak kami itu masih serasa kurang tidur. Apalagi ini benar-benar akan kurang tidur. Membayangkan anak-anak harus dibangunkan paksa di pagi buta adalah pemandangan yang membuat kami tidak tega.

Itu baru kerepotan pertama. Kerepotan berikutnya adalah soal pembagian waktu. Dengan dua anak yang berangkat dengan jam yang berbeda mendatangkan pilihan keputusan yang membingungkan. Jika menuruti jam yang pagi, yang lain jadi kesiangan. Jika berangkat bersama, jam yang siang jadi kepagian. Jika mendahulukan yang pagi, untuk kembali menjemput yang agak siang, keadaan pasti sudah kepalang ruwet. Jalan raya sudah akan semakin padat. Jarak dari rumah ke sekolah terlalu jauh untuk sekadar antar jemput kilat semacam itu. Sampai di titik ini persoalan belum terpecahkan.

Tetapi apa yang saya sebuat sebagai ‘’persoalan belum terpecahkan’’ itu tenyata bukan karena begitu beratnya sebuah persoalan, melainkan karena kami, tepatnya saya, terlalu mempersulit persoalan. Seluruh kalkulasi soal keberangkatan, pembagian waktu, sebutan terlalu pagi dan terlalu siang itu, hanyalah gambaran kekhawatrian yang saya perbanyak sendiri. Persoalan ini sungguh begitu mudahnya diatasi, yakni cukup dengan kami sekeluarga mau bangun lebih pagi.

Lalu seluruh kalkulasi yang memberatkan kami bangun pagi itu kami teliti satu persatu. Agak kaget melihat hasilnya, karena hampir seluruhnya, isi keberatan itu bangun pagi itu sungguh hanya bernama kemalasan tersembunyi. Karena setelah kami coba, bangun pagi itu ternyata sehat sekali. Ujiannya hanya terletak ketika kami hendak bangun saja. Pada saat harus bangun itulah mata rasanya memang lengket sekali dan tidur rasanya malah enak sekali. Tetapi apalah arti ujian semacam ini jika bandingannya adalah sederet keberkahan yang nanti akan kami temui

Jalanan ternyata lengang sekali. Dan kami berkendara dengan nyaman sekali. Kami sekeluarga menjadi sempat melihat kanan-kiri, menikmati pemandangan pagi. Padahal cuma butuh waktu setengah jam ke depan, jalan sepi ini akan berubah menjadi medan kanibal, penuh sesak, penuh klakson, penuh wajah buru-buru dan juga penuh caci-maki. Cukup hanya dengan mau bangun lebih pagi, kami bukan cuma terhindarkan dari itu semua, tetapi juga sanggup menikmati apa yang tidak dinikmati oleh orang-orang yang berangkat di jam berikutnya.

Jadi, cukup hanya dengan mau bangun lebih pagi, itu kuncinya. Tapi benarkah mau? Tunggu dulu. Karena jika cuma berdasarkan mau, kami pasti tidak mau. Karena pada awalnya kami tidak setuju pada peraturan baru sekolah itu. Kami bukan mau, tetapi terpaksa mau baru kemudian kami ketemu kebaikan ini. Karenanya, sesuatu perubahan, yang pada awalnya membuat Anda marah dan terpaksa, tolong diwaspadai. Karena biasanya, ia adalah pintu kebaikan yang tak terkira baiknya.

1 komentar:

Anonymous said...

It is also possible Abercrombie and Fitch today to create your Abercrombie own custom polo shirts Abercrombie Sale wherein you can have your Cheap Abercrombie own logo embroidered Abercrombie outlet on the front of the shirt. abercrombie Jeans These custom polos are ideal for companies that are hosting an event of some kind. Abercrombie Pants They are also great to give away as promotional Abercrombie Tees items to company personnel for work well done. Clubs of all types take advantage of
Abercrombie Shorts custom polo shirts as do sports teams who wish to have all members Abercrombie Sweaters dressed the same when traveling together. Customized shirts are also great to use as staff clothing or uniforms for pubs, restaurants, hotels and a wide variety of other types of businesses.One of the most popular companies in business today that offers the custom polo shirts is LEADapparel. This online retailer offers custom embroidery services on orders of twelve or more shirts. The embroidery done is perfect and of the highest quality. Orders are processed quickly and shipped out within just a few days.